HARI PENGAYOMAN KE-79, LAPAS KELAS II B PASIR PENGARAIAN NAPAK TILAS DI MONUMEN PERJUANGAN PAHLAWAN NASIONAL

forumriau.com 9.8.24
forumriau.com
Jumat, 09 Agustus 2024




FORUMRIAU.COM - PASIR PENGARAIAN - Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Pasir Pengaraian Bahtiar Sitepu beserta Pejabat Struktural dan Paguyuban Ibu-ibu Pemasyarakatan (Pipas) lakukan Napak Tilas di Monumen Perjuangan Pahlawan Nasional Tuanku Tambusai (09/08/2024).

 
Bertempat di Desa Dalu-Dalu Kecamatan Tambusai Kabupaten Rokan Hulu, kegiatan Napak Tilas ini dihadiri oleh Ka.KPLP Marcos Sihombing, Kasubbag Tata Usaha Suharno, Plh Kasi Kamtib Busmar, Kasi Binadik Sunu Istiqomah Danu, Ketua Pipas Lapas Pasir Pengaraian Rosanta Ginting dan Anggota.


Pada kesempatan ini, Kalapas Beserta jajaran dan Pipas Lapas Pasir Pengaraian melaksanakan tabur bunga guna mengenang jasa pahlawan. Menurut Bahtiar, adapun kegiatan ini masih dalam rangkaian  memperingati Hari Pengayoman ke-79 Tahun 2024.

"Kita napak tilas ini sebagai bentuk menghargai perjuangan Pahlawan Nasional Tuanku Tambusai. Dengan mengunjungi Cagar Budaya Benteng Tujuh Lapis ini. Kita bisa tau sejarah perjuangan beliau menjaga Republik Indonesia".Jelas Bahtiar.

Benteng tujuh lapis merupakan sebuah peninggalan sejarah di Indonesia lokasi  ini tepatnya berada tepatnya di desa Dalu-dalu, Kecamatan Tambusai Utara Kabupaten Rokan Hulu Riau sekitar 23 km dari makam Raja-Raja Rambah.

Benteng ini merupakan peninggalan sejarah kemerdekaan Indonesia pada zaman penjajahan Belanda sebagai benteng pertahanan pejuang masyarakat Dalu-Dalu atau masyarakat indonesia. Benteng yang dibuat dengan material tanah liat yang di ambil dari tepian Sungai Batang Sosa tambusai, di kerjakan oleh masyarakat Dalu-Dalu dengan waktu yang lumayan lama. 


Sewaktu terjadi perang paderi yang di pimpin Tuanku Tambusai, Benteng Tujuh Lapis ini lah menjadi tempat melanjutkan perjuangan melawan penjajahan belanda. Sejarah ini lah yang membuat benteng tujuh lapis masuk dalam salah satu objek wisata yang terdapat di kabupaten Rokan Hulu


(Humas / IA)

Thanks for reading HARI PENGAYOMAN KE-79, LAPAS KELAS II B PASIR PENGARAIAN NAPAK TILAS DI MONUMEN PERJUANGAN PAHLAWAN NASIONAL | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

Related Posts

Show comments